Ibu Terkaya Di Dunia


Amerika Serikat – Pencetak mesin uang ternyata tidak melulu didominasi laki-laki. Sejumlah perempuan tercatat sukses membuat tambang uang, bahkan dengan keringat sendiri. Tak sedikit di antara mereka berstatus janda dan mengembangkan usaha bersama anak-anaknya. Berikut beberapa ibu dan perempun yang masuk dalam daftar 70 perempuan terkaya di dunia 2010 versi Forbes.

Margaret C. Whitman, lebih dikenal dengan sapaan Meg, lulusan Princeton and Harvard Business School. Awalnya bekerja di Procter & Gamble, kemudian pindah ke California bersama suaminya. Whitman adalah salah satu ibu terkaya dengan usaha sendiri. Sekarang ia bergabung dengan eBay dan sejak 2004 namanya masuk dalam daftar miliuner dunia versi Forbes.

Ibu yang juga menjadi miliuner karena hasil jerih payah sendiri yakni Joanne (JK) Rowling. Dia adalah pengarang buku Harry Potter yang menuai kesuksesan gara-gara mengalami hari-hari sulit setelah bercerai dengan suaminya. Dia yang saat itu bersama anak pertamanya, menulis cerita Harry Potter untuk membayar sewa flat di Edinburg, Scotlandia. Tapi sekarang dia sudah menikah lagi dan hidup bahagia bersama kedua anaknya.

Ibu terkaya lainnya: Christy Walton. Janda beranak satu ini masuk daftar miliuner Forbes setelah mewarisi supermarket Wal-Mart dari suaminya pada 2005. Christy, 55 tahun, memiliki kekayaan 22,5 miliar dolar setelah suaminya, anak kedua pendiri Wal-Mart tewas akibat kecelakaan pesawat pada 2005.

Liliane Bettencourt, asal Prancis, 87 tahun. Janda beranak satu ini memiliki kekayaan 20 miliar dolar dengan mewarisi perusahaan kosmetik raksasa milik ayahnya, L’Oreal.

Birgit Rausing, 86 tahun, janda dengan 3 anak. Ibu asal Swedia ini memiliki kekayaan 13 miliar dolar setelah mewarisi perusahaan bungkusan raksasa Tetra Laval dari Gad Rausing. Gad meninggal pada 2000.

Dari Asia tercatat nama Savitri Jindal, 60 tahun, janda konglomerat baja dan pembangkit di India. Savitri yang memiliki 9 anak memiliki kekayaan 12,2 miliar dolar, yang diperoleh dari O.P. Jindal Group, perusahaan milik suaminya. Nama-nama lannya, Abigail Johnson, menjadi miliuner setelah menangani Fidelity Investments bersama ayahnya. Rosalia Mera, pemilik merek pakaian Zara, Doris Fisher pemilik merk pakaian The Gap, Guiliana Benetton pemilik merk pakaian Benetton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: