Tinggal Selangkah Lagi Apple Jadi Perusahaan Terbesar Dunia


Hebat!!  Apple berhasil melewati PetroChina Co dan menjadi perusahaan kedua terbesar di pasar dunia dalam hal kapitalisasi pasar. Tinggal satu langkah lagi, Apple menjadi perusahaan dengan kapitalisasi market terbesar di dunia.

Pada Kamis (23/9/2010), saham Apple berhasil melonjak ke posisi 292,76 dollar AS di bursa saham Nasdaq. Kondisi itu mendorong nilai kapitalisasi pasar Apple menjadi 267,5 miliar dollar AS dan menjadi perusahaan kedua terbesar dunia setelah Exxon Mobil Corp.

Kendati begitu, pada penutupan pasar pukul 16.00 waktu New York, Apple kembali terpeleset ke posisi 288,92 dollar AS sehingga turut menekan nilai kapitalisasi pasarnya menjadi 263,9 miliar dollar AS. Angka tersebut lebih kecil darin PetroChina Co yang memiliki kapitalisasi sebesar 265,5 miliar dollar AS.

Memang, sejak meluncurkan iPhone pada Januari 2007, harga saham Apple melonjak tiga kali lipat. Perangkat tersebut saat ini memberikan kontribusi sebesar 30 persen dari pendapatan perusahaan. Pada awal tahun ini, Apple juga memperkenalkan iPad tablet komputer yang penjualannya berhasil melampaui iPod.

“Tidak ada alasan Apple tidak tumbuh lebih besar lagi,” jelas Jane Snorek, analis First American Funds. Dia menambahkan, saat ini Apple masih mengempit porsi kecil dari pasar ponsel dan komputer.

Sementara itu, Gene Munster, analis Piper Jaffray Cos di Minneapolis, memprediksi, Apple akan menjual 21 juta iPad pada tahun depan. Angka tersebut naik dari prediksi semula sebanyak 14,5 juta unit. Munster juga bilang, saham Apple akan menyentuh 390 dollar AS per saham. Sedangkan sejumlah analis yang disurvei Bloomberg memprediksi, harga rata-rata saham akan mencapai 342,81 dollar AS dalam 12 bulan ke depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: